Langsung ke konten utama

Kunjungan dan penilaian ke pameran seni atau galeri

Manusia telah diciptakan oleh Tuhan dilengkapi dengan otak besar manusia telah terbagi menjadi dua, kanan dan kiri, bagian kiri untuk berfikir eksakta atau logika, sedangkan bagian yang kanan untuk kreativitas atau menciptakan sesuatu.

Kreativitas merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan karena dengan kreativitas manusia bisa menata langkah, strategi dalam melakukan jalan hidup. Kreativitas seni merupakan langkah awal di dalam angan-angan manusia.

Di dalam kreativitas seni harus ditumbuhkan sikap menghargai suatu karya seni. Untuk bisa menghargai perlu belajar banyak dengan cara melihat, membandingkan, kemudian menghayati dan menghargai sehingga telah terjadi proses pengolahan ide yang kemudian muncul rasa ingin berbuat, berkarya seni.

Kunjungan ke pameran seni atau ke sanggar seni merupakan langkah mula agar bisa melakukan dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan yang lebih dari yang sudah mereka lihat. Bagi masyarakat perkotaan pameran, sanggar tidak menjadi masalah, karena banyak sanggar yang bisa untuk dikunjungi atau didatangi.

Pameran seni juga sering digelar sehingga lebih leluasa, tetapi bagi daerah merupakan kendala yang perlu diperhatikan bersama sehingga pameran kelas atau sekolah perlu di laksanakan untuk menumbuhkan sikap apresiatif.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kunjungan di galeri pameran :


  • Mencatat karya dan senimannya.
  • Klarifikasi karya berdasar golongan atau kelompok.
  • Membuat laporan dan penilaian.
  • Mengikuti sarasehan bila ada.
  • Menilai beberapa karya yang telah dianggap baik menurut apresiator.

Nusantara dengan ribuan pulau dan ratusan suku bangsa merupakan negara yang kaya akan hasil karya seni dan budaya. Kalian perhatikan lingkungan sekitar kita mereka masing-masing banyak hasil karya seni kriya atau kerajinan yang mempunyai nilai seni yang cukup tinggi.


Tetapi tinggal bagaimana kita bisa menghargai dan menilai lalu melestarikan sebagai ciri khusus daerah yang bisa menjunjung tinggi nama daerah sehingga bisa menuju kemajuan daerah yang telah bersangkutan. Di bawah ini merupakan contoh daerah pengrajin karya seni kriya yang telah mampu untuk membawa nama daerah dalam percaturan daerah masing-masing di tingkat regional, Nasional dan Internasional.


  • Bordir dari pengrajin : Tasikmalaya, dan Kudus.
  • Cinderamata daerah pengrajin : Bali, Jogyakarta, Solo.
  • Keramik dari pengrajin : Kasongan Yogyakarta.
  • Seni Perak, daerah pengrajin : Kota Gede Jogyakarta.
  • Seni Ukir, daerah pengrajin : Asmat, Bali, Jepara.
  • Kuningan, daerah pengrajin : Juana Kabupaten Pati.
  • Wayang Golek daerah pengrajin : Sukabumi, Tasikmalaya, Cirebon.
  • Kerajinan kulit daerah pengrajin : Yogyakarta, Solo, Cibaduyut (Bandung), Madiun.
  • Batik daerah pengrajin : Solo, Yogyakarta, Madura, Lasem, Rembang, Pekalongan.
  • Ulos atau Songket daerah pengrajin : Batak, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Sumatera Selatan.


Baca juga di bawah ini :



Di dalam artikel di atas telah menjelaskan tentang kunjungan ke pameran seni atau galeri dan penilaian karya seni terapan, semoga artikel ini bisa menambah pengalaman bagi teman-teman yang telah membacanya yang bersumber dari buku kreasi seni budaya, terimakasih telah berkunjung di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gugurnya Raden Antareja

Gugurnya Raden Antareja - Antareja ialah putra Bratasena dan Dewi Nagagini dari Kayangan Saptpretala, Raden Antareja juga termasuk kesatria muda Amarta yang bercita-cita menegakkan kebenaran dan menumpas angkara murka, tetapi sebelum perang Baratayuda terjadi Antareja yang punya senjata lidah, ketika menilat telapak kaki yang mempunyai telapak kaki tersebut akan mati. Raden Antareja Baca juga selnjutnya di bawah ini Cerita Berubahnya Anjani Menjadi Kera Kisah Kehidupan Dewi Andrika Yang Dikutuk Menjadi Ikan Sebelum pecah perang bratayuda, Antareja gugur karena menjilat bekas tapak kakinya sendiri atas rekayasa prabu Kresna, karena dewa tidak menghendaki Antarja yang sangat sakti itu ikut perang baratayuda, karena akan dengan mudah menghabisi Kurawa. selain itu Antareja tidak memiliki hutang dalam hidupnya.

Kisah Cerita Asal Usul Batara Guru (Sang Hyang Manikmaya)

Kisah Cerita Asal Usul Batara Guru (Sang Hyang Manikmaya) - Batara Guru atau Sang hyang Manikmaya ialah putra Sang Hyang Tunggal dengan Dewi Rekatawati atau Dewi Wirandi, putri raja jin Prabu Yuyut di negeri Keling. Saudara Batara Guru adalah Sang Hyang Ismaya dan Sang Hyang Antaga. Batara Guru mempunyai dua orang isteri yakni : Batara Guru Baca juga selanjutnya Kesaktian Beghawan Bagaspati Matinya Tokoh Wayang Bambang Aswatama 1. Dewi Umayi atau Umaranti, berputera enam orang yakni Sambo, Brahma, Indra, Bayu, Wisnu dan batara Kala. 2. Dewi Umaparwati berputera Batara Cakra, Batara Gana/Ganesya (Mahadewa) dan Batara Asmara. Batara Guru adalah seorang raja dewa yang memerintah Tribawana yakni : Kayangan, Mayapada, dan Sonyaruri.