Langsung ke konten utama

Manajemen Suharto Seorang Anak Petani

Manajemen Suharto Seorang Anak Petani - Cita-cita luhur yang dirumuskan para pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti yang dimuat dalam alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, merupakan suatu warisan yang sangat berbarga bagi bangsa Indonesia.

Para pendiri negara juga telah mengantar bangsa Indonesia ke jembatan emas berupa ''kemerdekaan. Mereka sesungguhnya telah memberikan wasiat kepada seluruh generasi bangsa untuk mewujudkan cita-cita luhur bangsa Indonesia. Yakni kita harus memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. 


Kita harus membangun seluruh bangau Indonesia sehingga menjadi bangsa yang makmur berkeadilan. Bangsa yang punya jatidiri. Bangsa yang bermartabat sehingga menjadi bangsa yang dihargai dan disegani oleh bangsa-bangsa lain. 

Untuk mewujudkan cita-cita luhur tersebut, tentu kita memerlukan suatu cara yang tepat dalam mengelola bangsa yang sangat majemuk. Karena di samping jumlahnya yang besar hampir sekitar 190 juta jiwa, bangsa kita juga terdiri atas berbagai suku yang masing-masing punya latar belakang budaya yang khas. Kemampuan dan kearifan untuk mengelola atau "me-managed" bangsa kita membimbing menuju ke arah terwujudnya cita-cita luhur bangsa, adalah suatu prestasi yang luar biasa. 

Presiden Soeharto, sebagai salah satu putra terbaik bangsa, telah menunjukkan kepada sejarah bahwa beliau memiliki suatu kemampuan manajerial yang luar biasa dengan penuh kearifan. Prestasinya telah diakui semua pihak, termasuk oleh dunia internasional. 

Sebagai contoh, terutama sejak dalam satu dekade terakhir, hampir setiap bulan bahkan terkadang dua kali dalam sebulan, ada pimpinan nasional dari negara sahabat berkunjung ke Indonesia. Mereka bertemu dengan Pak Harto untuk bertukar pengalaman dalam berbagai hal, terutama dalam memimpin bangsa menuju kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. 

Usaha untuk bertukar pengalaman dengan Pak Harto dari para pemimpin nasional negara lain dan para pimpinan dari berbagai lembaga internasional, juga sering dilakukan ketika Pak Harto sedang mengadakan kunjungan ke luar negeri. 

Pendek kata, Pak Harto yang anak seorang petani itu mempunyai banyak pengalaman yang sukar untuk dihitung lagi. Pengalaman-pengalaman beliau itu ibarat "gunung berlian" yang perlu kita gali terutama gaya kepemimpinannya, gaya manajerialnya dan kearifannya dalam membimbing bangsa Indonesia. 

Kemampuannya telah teruji dan terbuktikan oleh sejarah. Karena itu adalah hal yang sudah sepatutnya bagi generasi muda calon-calon pemimpin bangsa untuk belajar dari pengalaman-pengalaman beliau dalam memimpin bangsa untuk [10:47, 10/26/2018] Parikesit: meneruskan perjuangan rakyat lndonesra menyongsong masa depan yang semakin baik. menuju crta-cita bangsa. 

Sebagai suatu lembaga nir-laba yang terpanggil oleh semangat pengabdian untuk memberi suatu yang bermakna bagi bangsa, maka Yayasan Bina Generasi Bangsa menerbitkan buku ini yang berjudul: "MANAJEMEN PRESIDEN SOEHARTO" (Penuturan l7 Menten). 

Buku ini, memang memuat kesan-kesan dan pengalaman-pengalaman dari sejumlah Menteri, baik yang masrh menjabat maupun mantan menteri, tentang gaya kepemimpinan, manajerial dan kearifan Pak Harto. Karena kami beranggapan bahwa para menteri itulah yang lebih banyak tahu secara persis bagaimana cara Pak Harto memimpin bangsa. Buku ini juga memuat catatancatatan dari seorang praktisi, seorang wartawan senior, dan seorang pengusaha. 

Dengan menggali pengalaman-pengalaman para menteri pembantu Presiden itulah, kita dapat memperoleh suatu gambaran yang jelas bagaimana sebenarnya intisari dan sebagian gaya kepemimpinan, gaya manajemen, dan kearifan Pak Harto. Tentu kita tidak berpretensi, bahwa pengalaman-pengalaman yang dituangkan para Menteri dalam buku ini, itulah semuanya yang ada pada Pak Harto. 

Yang tertulis dalam buku im hanya sebagian kecil, Masih banyak pengalaman-pengalaman beliau yang belum sempat tergali. "Gunung Berlian” itu masih menyimpan banyak sesuatu yang sangat bermakna dan tidak ternilai lagi harganya bagi perjuangan bangsa untuk menyongsong masa depan. Masa'yang penuh diwarnai oleh tantangan, persaingan, dan kerja sama antarbangsa. 

Namun demikian, buku ini paling tidak telah mencoba untuk memberikan sumbangan berarti bagi generasi penerus untuk membangun negara dan bangsa Indonesia, menjadi bangsa yang berkualitas, bangsa yang takwa dan diridhoi Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Baca juga di bawah ini



Akhirnya, kami pun berharap buku ini juga dapat merangsang munculnya usaha-usaha baru untuk menggali pengalaman dari Pak Harto yang pengalamannya kami rbaratkan bagaikan "Gunung Berlian" yang menyimpan segunung pengalaman yang sangat tinggi nilainya, sebagai bekal bagi generasi penerus bangsa untuk membangun Republik Indonesia yang kita cintai. Semoga bermakna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Cerita Asal Usul Batara Guru (Sang Hyang Manikmaya)

Kisah Cerita Asal Usul Batara Guru (Sang Hyang Manikmaya) - Batara Guru atau Sang hyang Manikmaya ialah putra Sang Hyang Tunggal dengan Dewi Rekatawati atau Dewi Wirandi, putri raja jin Prabu Yuyut di negeri Keling. Saudara Batara Guru adalah Sang Hyang Ismaya dan Sang Hyang Antaga. Batara Guru mempunyai dua orang isteri yakni : Batara Guru Baca juga selanjutnya Kesaktian Beghawan Bagaspati Matinya Tokoh Wayang Bambang Aswatama 1. Dewi Umayi atau Umaranti, berputera enam orang yakni Sambo, Brahma, Indra, Bayu, Wisnu dan batara Kala. 2. Dewi Umaparwati berputera Batara Cakra, Batara Gana/Ganesya (Mahadewa) dan Batara Asmara. Batara Guru adalah seorang raja dewa yang memerintah Tribawana yakni : Kayangan, Mayapada, dan Sonyaruri.

Cerita kehidupan Raden Bogadenta

Cerita kehidupan Raden Bogadenta - Bogadenta adalah termasuk keluarga Kurawa dia terlempar ke tanah seberang ketika dalam lakon Pandawa ditimbang dengan Kurawa sebelum Bima datang timbangan tersebut berat Kurawa, namun setelah Bima datang dengan melompati timbangan tersebut akhirnya keluarga Kurawa banyak yang terlempar jatuh di negara seberang.  Bogadenta Baca juga di bawah ini Dentawilukrama Raja Singgelapura Anak Keturunan Prabu Basupati Demikian juga dengan yang dialami oleh Prabu Bogadenta ia terlempar jatuh di negara Turilaya dan Bogadentapun menjadi raja disana. Tokoh ini mati dalam perang Baratayuda setelah bertanding dengan Bima, ia punya sanjata andalan yang ampuh bernama Kyai Wisnawa atau Wismana, tinggalan dari Prabu Bomanarakasura.

Cerita Gugurnya Prabu Arimba

Cerita Gugurnya Prabu Arimba - Arimba adalah raja negara Pringgodani setelah wafatnya Prabu Tremboko pada waktu perang pamuksa dengan Prabu Pandudewanata, dengan kejadian tersebut Prabu Arimba membara api dendamnya terhadap keturunan Prabu Pandu dan ingin membinasahkannya. Prabu Arimba Tetapi kejadian itu berkehendak lain, adik Arimba sendiri yaitu Dewi Arimbi telah jatuh cinta dengan Raden Werkudara dan pada akhirnya Prabu Arimba sendiri gugur ditangan Raden Werkudara, karena telah diberi tahu kelemahan Prabu Arimba. Baca juga selanjutnya Gugurnya Raden Antareja Mengetahui Kepribadian Tokoh Wayang Adirata Karena Prabu Arimba sakti mandraguna berkat keikutsertaan Dewi Arimbi untuk memberkan kelemahan kepada Raden Werkudara akhirnya bisa mengalahkan Prabu Arimba, pada akhirnya kerajaan Pringgodani diserahkan kepada Raden Werkudara yang akan menjadi Raja di Pringgodani, tetapi Raden Werkudara tidak mau dan dierahkan kepada keturunannya dengan Dewi Arimba ya